Microlearning Pendidikan inklusif

Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPPI) di Indonesia saat ini kurang mempunyai Guru Pembimbing Khusus (GPK) yang berkualifikasi akademik pendidikan khusus.

Jawaban Tahap Microlearning Seri Pendidikan Inklusif

Program pemenuhan guru pembimbing khusus merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk memenuhi sebagian dari kebutuhan guru pembimbing khusus sekaligus meningkatkan kompetensi guru di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dan guru sekolah umum yang melayani pendidikan bagi peserta didik yang beragam.

Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif) Guru PembimbingKhusus

Materi Intervensi Dini Bagi ABK

1.1 Apa Intervensi Dini?

1.1.1. Unit 1

Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK

1.1.3. Unit 3

1.1.4. Unit 4

1.2. Keterampilan Fisik Motorik

1.3. Keterampilan Kognitif

1.4. Keterampilan Komunikasi

1 .5. Keterampilan Menolong dirii sendiri

Keterampilan Menolong diri sendiri 1.6. Keterampilan Sosial Emosi

2. Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

2.1. Apa Media Pembelajaran

2.2. Tujuan dan Manfaat media pembelajaran

2.3. Langkah membuat media pembelajaran

2.4. Karakteristik media pembelajaran pada masing-masing ABK

3. Pengelolaan Kelas bagi Peserta Didik dengan Hambatan Spektrum Autis dan Hambatan Emosi Perilaku

3.1. Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?

3.2. Bagaimana Cara Mengatasi Siswa yang Menunjukkan Perilaku B ermasalah di Kelas?

3.3. Bagaimana Caranya Supaya Saya Dapat Berbicara Secara Efektif dengan Siswa?

3.4. Bagaimana Caranya Berkomunikasi Non Verbal dengan Siswa

3.5. Bagaimana caranya untuk membuat siswa di kelas membangun hubungan yang baik dengan siswa autis

3 .6. Bagaimana mengatur kelas yang inklusif untuk siswa autis

3.7. Bagaimana mengelola perilaku siswa autis dikelas
Bagaimana mengelola perilaku siswa autis dikelas

3.8. Bagaimana saya membangun komunikasi yang baik dengan siswa autis di kelas saya

Bagaimana saya membangun komunikasi yang baik dengan siswa autis di kelas saya



4. Teknik Dasar Modifikasi Perilaku

4.1. Apa itu Prompt?

4.2. Teknik Prompt: Most to Least - Least to Most

4.3. Apa itu Shaping?

4.4. Token Economy

4.5. Relaksasi
4.6. Situation Control
4.7. Modeling

5. Metode ABA dalam Pembelajaran Anak dengan Hambatan Intelektual

6. Penilaian Hasil Belajar Bagi ABK di SPPI

7. Pelatihan Bahasa Isyarat

8. Program Penanganan Anak CIBI (Bina Potensi dan Keberbakatan)

9. Program Kompensatoris Bagi Anak Dengan Hambatan PenglihaPtan (Braille, OM, dan ADL Bagi Tunanetra)

10. Penanganan Anak Low Vision

11. Metode MMR Bagi Anak Dengan Hambatan Pendengaran

12. Pelatihan Komputer Bicara Bagi Tunanetra

13. Picture Exchange Communication System (PECS)

13.1. Hubungan Komunikasi dan PECS

13.2. Apa itu PECS

13.3. Bagaimana Menentukan Siswa yang Membutuhkan PECS

13.4. Tahapan Penggunaan PECS

14. Penerapan Multisensori

15. Single Subject Research (SSR)

16. Pembelajaran bagi Peserta Didik dengan Spektrum Autis

17. Pembuatan Alat Pembelajaran Edukatif